Pentingnya Desain UI/UX

Views: 23
0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

Tim developer sudah bekerja keras, menerapkan algoritma dan logic yang kompleks, dengan teknologi yang cutting edge dan rumit untuk diimplementasikan. Sesudah berhari-hari ditekuni, akhirnya aplikasi dengan modul yang sangat menguras kemampuan tim berhasil diselesaikan, dites oleh QA dan di-deliver oleh team operasional dengan sukses. Tetapi, tanggapan user ternyata di luar dugaan. Mereka mengeluhkan tampilan yang tidak menarik, dan fitur yang tidak user friendly, menyulitkan dalam penggunaannya.

Ini yang terjadi jika aplikasi tidak didahului dengan desain yang baik. Selain desain arsitektur, pattern serta flow aplikasi, penting juga untuk melakukan desain UI/UX. Umumnya team developer lebih memperhatikan desain UI, dan jika tidak ada spesialis di bidang desain UI, maka aplikasi akan dibuat sesuai dengan selera masing-masing developer, dan tentunya ini sangat tidak diharapkan dari sebuah aplikasi yang profesional. Oleh karena itu, UI harus didesain sesuai dengan perencanaan dari product manager/owner sebagai perwakilan dari user.

Selain tampilan UI, user juga memerlukan cara penggunaan yang mudah dan interaktif. Jadi tidak perlu interaksi yang terlalu banyak bagi user untuk menyelesaikan sebuah transaksi misalnya. Demikian juga pesan yang ditampilkan harus yang informatif, agar jika terjadi kesalahan langkah oleh user, dapat dipahami olehnya dan segera bisa melakukan langkah koreksi, baik melalui bimbingan yang jelas maupun pengarahan langsung di aplikasinya.

Desain sekarang sangat berperan penting, apalagi pada aplikasi yang bersifat komersial. Jika tampilan tidak menarik dan intuitif, user tidak akan mau mengunduh apalagi menggunakannya., meskipun secara fungsi sangat dibutuhkan. Apalagi jika tampilan yang kurang menarik disertai cara penggunaan yang menyulitkan dan bertele-tele, maka rating burukpun menjadi kenyataan, karena user sekarang sangat kritis dan ada banyak alternatif aplikasi di PlayStore/AppStore.

Susahnya, mencari desainer UI/UX juga bukan perkara mudah, Selain memahami perilaku user, ia juga harus bisa memastikan bahwa desainnya memungkinkan untuk diimplementasikan oleh developer. Hal ini tidak bisa didapatkan dari materi-materi training, tetapi dari pengalaman yang tidak singkat. Namun, seringkali desainer UI/UX sering dipandang sebelah mata dalam tim developer, karena setelah desain selesai dibuat, dan developer mulai bekerja, fungsinya seakan tidak diperlukan lagi. Padahal, desainer juga harus mampu melakukan testing setelah aplikasi dibuat, seperti A/B testing dan sebagainya. Ia juga harus ikut serta saat alfa dan beta test aplikasi untuk mendapatkan feedback sebanyak-banyaknya.

Jadi, kesimpulannya dalam membuat aplikasi modern, tidak bisa lagi mengandalkan selera sendiri, tetapi harus mendasarkan pada desain yang harus dites secara menyeluruh dan mendetail.

Penulis

W. Andrea

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Let's Coding while Relaxing