Future Technology Today

Views: 86
0 0
Read Time:4 Minute, 18 Second

Seperti yang banyak diberitalkan, ada beberapa teknologi yang saat ini berkembang pesat dan diprediksi menjadi tren di masa depan,

  1. Internet of Things (IoT)
  2. Blockchain
  3. Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR)
  4. Big Data
  5. Artificial Intelligence (AI)
  6. dan yang paling hot saat ini adalah… Metaverse

Semua teknologi ini terkait dengan sebuah basis yang sudah menjadi bagian dari hidup kita, teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Dan semua yang disebutkan di atas saling memiliki keterkaitan. Di luar daftar di atas masih ada banyak lagi perkembangan teknologi yang akan menentukan bagaimana masa depan dibentuk, tetapi mari kita lihat lebih dekat satu persatu istilah-istilah tersebut di atas.

IoT
pada dasarnya IoT adalah jaringan perangkat yang terkoneksi dengan internet dan mampu untuk mentransfer dan menganalisa data melalui sensor yang tertanam. Data yang ditransfer akan dikelola sebagai Big Data dan polanya akan dipelajari melalui Machine Learning untuk dimanfaatkan dalam AI. Perkembangan yang sangat pesat Iot menyebabkan banyak perubahan dalam dunia industri yang kemudian dijuluki sebagai Industry 4.0. Di sini, berbagai sensor yang dipasang pada perangkat baik di pabrik pengolahan, transportasi dan distribusi logistik, pergudangan dan lain sebagainya akan diolah menjadi data untuk membangun industri yang lebih efisien dan produktif. Selain itu, pemanfaatan di berbagai perangkat rumah tangga seperti lampu, kulkas, televisi dan sebagainya juga memberikan kemudahan bagi para pengguna awam untuk dapat mengelola rumah atau kantor secara smart.

Blockchain
Teknologi ini sekarang sedang ramai dibahas karena menjadi tulang punggung dari banyak teknologi lainnya seperti Cryptocurrency (Bitcoin, Ethereum, dsb) dan Non Fungible Token (NFT). Pengertian Blockchain secara sederhana adalah sebuah database publik terdistribusi yang tersimpan dalam sebuah container yang disebut block dan ditambahkan ke dalam rantai yang bersifat tetap/tak berubah bersama dengan data yang telah ditambahkan sebelumnya secara kronologis. Data ini adalah transaksi yang terjadi misalnya pada Bitcoin, atau bisa juga berupa data lain. Dengan semakin maraknya transaksi Cryptocurrency terutama yang terjadi di bursa, serta semakin populernya penggunaan NFT untuk transaksi penjualan produk seni khususnya yang berbasis digital, makan teknologi Blockchain akan semakin banyak digunakan, sehingga bisa disebut sebagai teknologi masa depan yang sudah mulai digunakan saat ini.

Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR)
Saat ini teknologi VR paling banyak digunakan oleh gamer untuk menikmati sensasi langsung berada dalam dunia game, terutama game berbasis RPG. Namun karena peralatan VR yang lumayan mahal dan membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi, maka saat ini masih belum banyak digunakan untuk aplikasi lainnya, tetapi nantinya dengan semakin berkembangnya Metaverse, maka VR pun akan semakin berkembang karena menjadi pintu masuk ke dunia maya tersebut. Sedangkan AR adalah teknologi yang memungkinkan pengguna device seperti smartphone untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dari sebuah objek, baik objek nyata maupun digital. AR juga banyak digunakan dalam game seperti Pokemon Go yang pernah sangat populer.

Big Data
Seperti yang disinggung sebelumnya dalam pembahasan IoT di atas, dimana setiap sensor IoT bisa men-generate data secara realtime, beragam dan dalam jumlah besar (memenuhi 3V: Volume, Velocity, Variety) maka data tersebut perlu dikelola untuk mendapatkan informasi yang bisa membantu dalam pengambilan keputusan. Big Data tidak menyandarkan hasil analisa akurat, tetapi lebih melihat pada kecederungan suatu peristiwa berdasarkan data. Contoh penerapannya adalah untuk mendeteksi penyebaran virus Covid-19 di sebuah wilayah berdasarkan data yang berasal dari aplikasi Peduli-Lindungi. Atau juga bisa dari mesin pencarian terhadap keyword terkait Covid-19 di sebuah wilayah pada waktu tertentu. Dari situ pemerintah bisa melihat pola penyebaran, pergerakan dan bahkan tracing.

Artificial Intelligence (AI)
Tentu tidak lengkap kalau tidak menyebut Artificial Intelligence sebagai teknologi masa depan yang telah dimanfaatkan saat ini. AI telah banyak diterapkan dalam berbagai perangkat maupun aplikasi, salah satunya yang pernah populer untuk mendeteksi kondisi positif atau negatif Covid-19 pada penumpang kereta yakni GeNose. Selain itu juga banyak isu terkait AI yang bahkan digambarkan akan menggantikan PNS untuk beberapa bidang pekerjaan. Umumnya orang-orang menganggap bahwa AI selalu berwujud semacam robot yang pintar, tetapi sebetulnya AI lebih dari itu. Mulai dari kemampuan mengenali object, belajar dari pola seperti dalam Big Data, sampai mengambil keputusan sesuai algoritmanya. Ada banyak hal yang bisa digali dari AI dan pengembangannya masih panjang.

Metaverse
Gara-gara Facebook mengganti nama perusahannya menjadi Meta, maka istilah metaverse langsung melambung. Dunia virtual yang bisa diakses salah satunya dengan VR menjadi begitu populer, sehingga beberapa game yang menampilkan dunia maya yang bisa dijelajahi seperti Robox menjadi kian populer. Seharusnya kehadiran Metaverse tidak berhenti pada game saja, walaupun itu merupakan pintu masuk untuk mengenalkan dunia maya ini kepada para pengguna dan calon penggunanya. Metaverse bisa menjadi ladang bisnis, seperti salah satu brand gadget ternama, Samsung sudah membuka toko virtual di metaverse Decentraland, yang disebut Samsung 837x. Selain gadget, beberapa brand fashion juga membuka butik virtual dengan menjual produk unik hanya satu-satunya untuk pembelinya. Nantinya produk-produk ini akan diperkuat dengan NFT dan dibeli dengan Cryptocurrency, sehingga semua teknologi yang terkait akan bertemu dalam dunia Metaverse ini.

Suatu saat nanti -mungkin dalam masa yang tidak terlalu lama lagi- semua teknologi ini akan menjadi hal biasa dan sehari-hari. Mungkin nantinya teknologi ini akan menyatu dalam kehidupan kita tanpa kita sadari, tetapi justru salah satu yang perlu kita cermati adalah peluang-peluang bisnis baru yang terbuka dengan adanya teknologi ini.

Technology photo created by freepik – www.freepik.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Let's Coding while Relaxing