Type API

Views: 56
0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

Berdasarkan availability, ada 3 jenis API:

1. Private API atau internal API
Adalah API yang dibangun oleh team internal perusahaan atau sebuah organiasi untuk memenuhi kebutuhan aplikasinya sendiri. Meskipun nantinya aplikasi digunakan oleh client lain, tapi API tetap hanya bisa diakses oleh aplikasi tersebut dan tidak terbuka untuk aplikasi lainnya.

2. Partner API
API ini tersedia untuk pihak lain yang memiliki hubungan secara bisnis dan terikat kontrak antara kedua belah pihak. Contohnya API sistem pembayaran dan API kurir yang biasanya digunakan oleh aplikasi e-commerce, sebelum bisa digunakan antara kedua belah pihak harus menandatangani kontrak baik untuk perjanjian kerjasama maupun pembagian hasil atau tarif tertentu.

3. Public API atau Open API
API yang tersedia secara umum sehingga bisa diakses oleh pihak yang memerlukannya dalam aplikasinya. Contohnya API Google Map, API Weather Report dan sebagainya. Meskipun tersedia secara publik, namun dalam mengaksesnya juga terikat dengan kesepakatan, dan ada pula yang berbayar. Untuk daftar public API gratis yang bisa dimanfaatkan untuk aplikasi, misalnya GitHub Public APIs dan RapidAPI.

Sedangkan secara use cases, API diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Database API
Akses aplikasi ke database management system untuk melakukan query, contohnya menggunakan Drupal 7 Database API untuk akses ke beberapa database seperti Oracle, MongoDB, MySQL, MSSQL dsb.

2. Operating System API
API jenis ini mendefinisikan bagaimana sebuah sistem menggunakan services dan resources dari operating system, contoh misalnya Windows API atau Linux API.

3. Remote API
Komunikasi antar aplikasi yang mesinnya terpisah (tidak selalu mesin fisik, tapi bisa juga beda VM) menggunakan jaringan dan dibangun dengan standar web.

4. Web API
Ini adalah jenis API yang paling populer untuk transfer data antara aplikasi yang ada di backend atau server ke aplikasi frontend atau client. Umumnya Web API menggunakan protokol HTTP. API ini yang nantinya akan kita bahas lebih dalam lagi.

Coffee photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Let's Coding while Relaxing